Selasa, 20 Desember 2011

Tugas softskill (01)

Tugas Teori Organisasi UMUM
1.       Jelaskan konsep dari teori X dan Y ?
2.       Apa yang dimaksud dengan teori manajemen ilmiah ?
3.       Coba jelaskan tentang teori matinya birokrasi ?

Jawab

1.      Ada dua pandangan tentang manusia dalam teori Dauglas McGregor yang pertama pada dasarnya bersifat negatif( teori X ), dan kedua pada dasarnya bersifat Positif ( teori Y ). Mc Gregor berkesimpulan bahwasanya pandangan seorang manager tentang manusia di dasarkan atas pengelompokan asumsi tertentu dan manusia cenderung menyesuaikan perilakunya terhadap bawahannya sesuai dengan asumsi tersebut.  Ada 4 asumsi yang dianut oleh para manager dalam teori X, yaitu :
-          Pada dasarnya pegawai tidak menyukai pekerjaan, jika mungkin berusaha menghindarinya.
-          Karena pegawai tidak menyukai pekerjaan, maka mereka harus di paksa, dikendalikan atau diancam dengan hukuman untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
-          Para pegawai akan mengelakan tanggung jawab dan mencari pengarahan yang formal sepanjang hal itu terjadi.
-          Kebanyakan pegawai menempatkan rasa aman di atas faktor lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan memperlihatkan sedikit ambisi.
     Sedangkan pandangan yang positif ( Teori Y ) adalah:
-          Para pegawai dapat melihat pekerjaan sebagai suatu yang biasa seperti halnya istirahat dan bermain.
-          Manusia akan menentukan arahnya sendiri dan mengendalikan diri, jika mereka merasa terikat kepada suatu tujuan.
-          Rata-rata orang dapat belajar untuk menerima dan mencari tanggung jawab.
-          Kreativitas kemampuan untuk membuat keputuasn yang baik tersebar luas pada seluruh populasi dan tidak selalu merupakan hak dari mereka yang menduduki fungsi managerial.
2.      Teori management ilmiah adalah penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
3.      Teori matinya birokrasi adalah teori dimana pengaruh dari kekuasaan mulai tergantikan oleh keahlian, desentralisasi dan kepatuhan pun mulai digantikan oleh desentralisasi dan demokratisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar