Selasa, 20 Desember 2011

Tugas softskill (01)

Tugas Teori Organisasi UMUM
1.       Jelaskan konsep dari teori X dan Y ?
2.       Apa yang dimaksud dengan teori manajemen ilmiah ?
3.       Coba jelaskan tentang teori matinya birokrasi ?

Jawab

1.      Ada dua pandangan tentang manusia dalam teori Dauglas McGregor yang pertama pada dasarnya bersifat negatif( teori X ), dan kedua pada dasarnya bersifat Positif ( teori Y ). Mc Gregor berkesimpulan bahwasanya pandangan seorang manager tentang manusia di dasarkan atas pengelompokan asumsi tertentu dan manusia cenderung menyesuaikan perilakunya terhadap bawahannya sesuai dengan asumsi tersebut.  Ada 4 asumsi yang dianut oleh para manager dalam teori X, yaitu :
-          Pada dasarnya pegawai tidak menyukai pekerjaan, jika mungkin berusaha menghindarinya.
-          Karena pegawai tidak menyukai pekerjaan, maka mereka harus di paksa, dikendalikan atau diancam dengan hukuman untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
-          Para pegawai akan mengelakan tanggung jawab dan mencari pengarahan yang formal sepanjang hal itu terjadi.
-          Kebanyakan pegawai menempatkan rasa aman di atas faktor lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan memperlihatkan sedikit ambisi.
     Sedangkan pandangan yang positif ( Teori Y ) adalah:
-          Para pegawai dapat melihat pekerjaan sebagai suatu yang biasa seperti halnya istirahat dan bermain.
-          Manusia akan menentukan arahnya sendiri dan mengendalikan diri, jika mereka merasa terikat kepada suatu tujuan.
-          Rata-rata orang dapat belajar untuk menerima dan mencari tanggung jawab.
-          Kreativitas kemampuan untuk membuat keputuasn yang baik tersebar luas pada seluruh populasi dan tidak selalu merupakan hak dari mereka yang menduduki fungsi managerial.
2.      Teori management ilmiah adalah penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
3.      Teori matinya birokrasi adalah teori dimana pengaruh dari kekuasaan mulai tergantikan oleh keahlian, desentralisasi dan kepatuhan pun mulai digantikan oleh desentralisasi dan demokratisasi.

Tugas softskill (10)

1.     Jumlah konfigurasi yang dapat hidup yang digunakan akan dibatasi oleh mode atau apa yang saat ini sedang digemari, merupakan pandangan mengenai batasan konfigurasi standar yang dikemukakan oleh : Mark N. Hagopian.

2.     Suatu organisasi dimana wewenang pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada unit sebagai pejabat structural yang memimpin kelompok kerja sebagai para pelaksana dalam suatu bidang pekerjaan dengan keahlian tertentu : Organisasi Fungsional.

3.     Dasar organisasi pada operating core dan desain organisasi birokrasi professional, konfigurasi terletak pada : Terletak pada bagian Operating Core.

4.     Desain struktur sederhana dapat digunakan atau ditemui dalam jenis organisasi, kecuali :

5.     Pencetus dan yang menciptakan struktur divisional pada tahun 1920, adalah : Henry Giffard.

6.     Suatu organisasi yang tidak mempunyai hierarki yang mantap, tidak ada departemen yang permanent, tidak mempunyai peraturan yang diformalisasi dan tidak terdapat prosedur standar untuk menghadapi masalah rutin, desain organisasi : Kontektual.

7.     Birokrasi mesin merupakan suatu desain organisasi, dengan konsep utama desain ini terletak pada :
Terletak pada kemampuan untuk melakukan aktivitas yang di standarisasi dengan sangat cepat dan efisien.

8.     Desain struktur divisional lebih tepat penggunaanya pada organisasi dengan criteria sebagai berikut, kecuali :
Pada desain organisasi Kontektual.
9.     Suatu organisasi dimana wewenang pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada unit sebagai pejabat structural yang memimpin kelompok kerja sebagai para pelaksana dalam suatu bidang pekerjaan dengan keahlian tertentu, disebut : Organisasi Fungsional.

10.  Tata kerja, prosedur dan system merupakan suatu rangkaian yang saling berhubungan satu sama lain, dalam menjamin penerapannya organisasi harus mutlak memiliki, yang disebut : Buku – buku pedoman (manual).

Tugas softskill (09)

1.     Dengan berkembangnya teknologi masalah filing dapat dikembangkan, suatu contoh dalam hal masalah penyimpanan dokumen dapat menggunakan tehnologi : Menggunakan Sistem Komputer.

2.     Jika suatu organisasi melakukan perubahan, hal apa yang tidak perlu dilakukan perubahan, yaitu : Sistem Perencanaan dan Sistem managemen.

3.     Suatu system kewenangan yang berfungsi sebagai alat bagi pemerintah untuk melaksanakan program-program, disebut : Sistem Organisasi Pemerintahan.

4.     Suatu contoh organisasi yang sederhana adalah : Karang Taruna.

5.     Danny Miller dan Peter H. Friesen dalam desain organisasi memberikan pandangan pada masalah : Masalah Yang dihadapi oleh Management.

6.     Henry Mintzberg memberikan pandangan eleman organisasi, elemen yang menyatakan manajemen puncak yang memberikan tanggung jawab seluruh organisasi, disebut :

7.     Suatu rumah produksi sedang menjalani proyek pembuatan film selama 6 bulan, dengan dasar control melalui penyesuaian bersama, maka desain konfigurasi yang digunakan adalah : Mutual Adjustment.

8.     Tata kerja, prosedur dan system merupakan suatu rangkaian yang saling berhubungan satu sama lain, dalam menjamin penerapannya organisasi harus mutlak memiliki, yang disebut Kompleksitas.

9.     Jika suatu organisasi dimana seluruh anggota melaporkan kepada strategic apex, maka desain konfigurasi yang digunakan adalah Struktural.

10.  Dalam evolusi teori organisasi, organisasi mempunyai dua dimensi yang setiap dimensi mempunyai perspektif yang saling bertentangan, pada dimensi pertama organisasi merefleksikan sebagai :
sistem sebelum tahun 1960 dimana teori organisasi cenderung di dominasi oleh perspektif tertutup, organisasi – organisasi di pandang berdiri sendiri dan tertutup bagi lingkungan namun pada tahun 1960 teori organisasi mulai dapat menerima perspektif sistem terbuka analisis yang sebelumnya hanya terfokus pada karakteristik intern dari organisasi kemudian berubah menjadi pendekatan yang menekankan pentingnya organisasi memperhatikan peristiwa dan proses yang terjadi di lingkungan luar.

Tugas softskill (08)

1.     Proses kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang tetapkan melalui kerja sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang tersedia, disebut : Perencanaan

2.     Suatu cara bagaimana agar sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan dengan setepat-tepatnya sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut : Tata kerja atau metode.

3.     Organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai proses, organisasi sebagai wadah akan bersifat : Statis.

4.     Organisasi dapat dikatakan sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi dapat dilihat dari segi :
1). Organisasi sebagai suatu sistem terbuka Yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan dan memiliki input yang berasal dari lingkungan dan menyalurkan output hasil pengolahan kembali ke lingkungan.
2). Organisasi sebagai sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan secara bersama.

5.     Sekelompok manusia yang dengan sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, disebut : Organisasi.

6.     Organisasi dapat bersifat memberikan suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang pelaksanaan hubungan kerja sama manusia, maka organisasi bersifat : Terstruktur.

7.     Organisasi dapat dilihat dari hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan muncul yang disebut : Hubungan Kekuasaan dengan Kebiasaan.

8.     Faktor-faktor yang bersifat internal yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
Faktor Intern (Dalam) :
- Tujuan.
- Manusia.
- Tata hubungan.

9.     Dengan sifat dinamis, organisasi dapat melakukan perubahan dan perbaikan, perubahan-perubahan tersebut menyangkut pada hal : Menyangkut sistem saluran komunikasi yang dipergunakan.

10.  Cara bagaimana pelaksanaan kerja yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, jarak, biaya, disebut : Tata Kerja.

Tugas softskill (07)

1.       Sebutkan keterbatasan yang dimiliki oleh manusia yang menyebabkan manusia harus berorganisasi dalam mencapai tujuan ?
Kemampuan dalam berfikir, Memandang sesuatu dan Bertingkah laku dengan cara tertentu.

2.       Jelaskan definisi organisasi perusahaan menurut Fremont E. Kast dan James E. Rosenzwing tahun 1974 ? Adalah hubungan dari berbagai fungsi atau kegiatan.

3.       Kegiatan-kegiatan manajemen menurut Henry Fayol, adalah :
a). Perencanaan.
b). Pengorganisasian.
c). Pemberian Perintah.
d). Pengkoordinasian dan,
e). Pengawasan.

4.       Sebutkan sumber daya terpenting dalam konsep manajemen oleh seorang manajer atau pimpinan dalam merealisasikan suatu tujuan?

-          Sumber daya manusia untuk merealisasikan tujuan.
-          Sumber daya Informasi.

5.       Sebutkan sumber daya yang dapat digunakan oleh suatu organisasi dalam konsep manajemen ?

-          Perangkat Keras (Hardware).
-          Perangkat Lunak (Software).
-          Specialist Informasi.
-          Pemakai/Pengguna (Users).
-          Fasilitas.
-          Data Base.
-          Informasi.

Tugas softskill (06)

1.       Sebutkan sumber daya yang dapat digunakan oleh suatu organisasi dalam konsep manajemen ?
-          Sumber daya manusia untuk merealisasikan tujuan.
-          Sumber daya Informasi.

2.       Terdapat dua dimensi dasar di dalam evolusi teori organisasi dan setiap dimensi mempunyai perspektif yang saling bertentangan, dalam dimensi pertama organisasi disebut ?
sistem sebelum tahun 1960 dimana teori organisasi cenderung di dominasi oleh perspektif tertutup, organisasi – organisasi di pandang berdiri sendiri dan tertutup bagi lingkungan namun pada tahun 1960 teori organisasi mulai dapat menerima perspektif sistem terbuka analisis yang sebelumnya hanya terfokus pada karakteristik intern dari organisasi kemudian berubah menjadi pendekatan yang menekankan pentingnya organisasi memperhatikan peristiwa dan proses yang terjadi di lingkungan luar.

3.       Proses pelaksanaan kerja atau operasional organisasi harus sesuai dengan persyaratan mutlak yang diperlukan dalam proses manajemen, maka persyaratan tata kerja yang tepat bertujuan ?
Menghasilkan tatanan kerja yang baik dan terstruktur.

4.       Suatu organisasi akan dihadapkan dengan suatu perubahan atau akan melakukan restrukturisasi, maka unsur-unsur apa yang perlu direstrukturisasi ?
Unsur management dan tata kerja.

5.       Berdasarkan pada aspek-aspek yang mempengaruhi organisasi dengan melihat pada alat manajemen dalam mencapai tujuan, maka organisasi dapat bersifat :
a). Kekeluargaan,
b). Persahabatan,
c). Nasional,
d). Internasional.

Tugas softskill (05)

1.       Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek ?
a). Pembagian kerja,
b). Rantai perintah,
c). Tipe pekerja yang dilaksanakan,
d). Pengelompokan segmen – segmen pekerja,
e). Tingkatan management.

2.       Dalam sifat dinamisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu sebutkan ?
a). Faktor Intern.
        - Tujuan,
        - Manusia,
        - Tata Hubungan.
 b). Faktor Ekstern.
        - Non fisik,
        - Fisik.

3.       Komplesitas merupakan bagian dari struktur organisasi yang mempunyai arti penting bagi seorang manajer, jelaskan arti penting tersebut ? Untuk memudahkan seorang manager guna mengatur dan mengawasi sistem organisasi.

4.       Sebutkan pentingnya suatu organisasi melakukan restruturisasi pada bidang formalisasi ?
Restrukturisasi dapat diartikan sebagai penataan kembali struktur badan/ lembaga sehingga kinerjanya menjadi lebih efektif dan efisien.

5.       Jelaskan mengapa suatu organisasi lebih baik menggunakan desentralisasi dari pada sentralisasi dalam memanajemen organisasi dan pengambilan keputusan ?
Karena pengambilan keputusan lebih baik dilakukan oleh banyak pihak dari pada memusatkan pada satu pihak sebab akan lebih efisien dan efektif dalam menghasilkan keputusan.

Tugas softskill (04)

1.       Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek ?
Aspek yang dapat dilihat meliputi:
a). Aspek globalisasi,
b). Aspek reformasi politik,
c). Aspek serikat pekerja,
d). Aspek perubahan status perusahaan dari milik negara ke swasta, atau sebaliknya,
e). Aspek perubahan demografis.

2.       Apa yang dimaksud dengan records retention schedule ?
Adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses management.

3.       Pemasalahan record retention schedule setiap organisasi masalah ini bersifat relative, sebab terdapat perbedaan, sifat relative ini tergantung pada, sebutkan ?
-          Jenis organisasinya,
-          Waktu.

4.       Jelaskan dalam bentuk bagan hubungan timbale balik antara manajemen, organisasi dan metode atau tata kerja ?


a). Managemen
Proses pencapaian tujuan melalui kerjasama antara beberapa individu.
b).Organisasi
Alat bantu untuk pencapaian tujuan tersebut.
c). Metode/Tata kerja
Pola atau cara kerja yang digunakan untuk pencapaian tujuan dengan efisien.

5.       Jelaskan dimensi-dimensi yang menjadi dasar dari evolusi organisasi ?
a). Merefleksikan bahwa organisasi itu merupakan suatu sistem.
b). Berhubungan dengan hasil akhir dari struktur organisasi.

Tugas softskill (03)

1.     Definisi organisasi perusahaan menurut Fremont E. Kast dan James E. Rosenzwing tahun 1974, adalah :
Struktur adalah hubungan dari berbagai fungsi atau kegiatan dalam suatu organisasi.

2.      Kegiatan-kegiatan manajemen menurut Henry Fayol, adalah :
a). Perencanaan,
b). Pengorganisasian,
c). Pemberian perintah,
d). Pengkoordinasian,
e). Pengawasan.

3.      Dalam konsep manajemen, persoalan terpenting dalam merealisasikan tujuannya oleh seorang manajer atau pimpinan dan dapat dijadikan sebagai alat manajemen, terletak  pada Pengambilan keputusan.

4.      Terdapat dua dimensi dasar di dalam evolusi teori organisasi dan setiap dimensi mempunyai perspektif yang saling bertentangan, dalam dimensi pertama, organisasi adalah sistem sebelum tahun 1960 dimana teori organisasi cenderung di dominasi oleh perspektif tertutup, organisasi – organisasi di pandang berdiri sendiri dan tertutup bagi lingkungan namun pada tahun 1960 teori organisasi mulai dapat menerima perspektif sistem terbuka analisis yang sebelumnya hanya terfokus pada karakteristik intern dari organisasi kemudian berubah menjadi pendekatan yang menekankan pentingnya organisasi memperhatikan peristiwa dan proses yang terjadi di lingkungan luar.

5.      Proses pelaksanaan kerja atau operasional organisasi harus sesuai dengan persyaratan mutlak yang diperlukan dalam proses manajemen, maka persyaratan tata kerja yang tepat bertujuan :
Menghasilkan hasil yang tepat dan akurat.

6.      Berdasarkan pada aspek-aspek yang mempengaruhi organisasi dengan melihat pada alat manajemen dalam mencapai tujuan, maka organisasi dapat bersifat :
a). Kekeluargaan,
b). Persahabatan,
c). Nasional,
d). Internasional.

7.      Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada :
Faktor lain yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi yang berasal dari sistem psikososial, yang menjadi fakta sebenarnya sukses atau tidaknya organisasi tergantung pada bagaimana perilaku dan usaha dari seseorang dalam melakukan tugasnya guna mencapai tujuannya.

8.      Dalam sifat dimanisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu :
a). Faktor Intern,
      - Tujuan,
      - Manusia,
      - Hubungan tata kerja.
b). Faktor Ekstern,
      - Bersifat Non fisik,
      - Bersifat fisik.

9.      Talcott Parsons, tahun 1960, membedakan organisasi berdasarkan kebutuhan social, yaitu :
a). Organisasi ekonomi,
b). Organisasi politik,
c). Organisasi pengabdian masyarakat,
d). Organisasi pelestarian.

10.  Organisasi memiliki daur hidup, berdasarkan Kim S. Cameron  dan David A. Whetten, terdiri dari tahap :
-          Pancaran (orientasi)
-          Bayi
-          Kanak-kanak
-          Remaja
-          Dewasa
-          Matang
-          Aristokrasi
-          Birokrasi awal.

Tugas Softskill (02)

1.      Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
Karena dalam berorganisasi, orang yang terdapat di dalamnya tidak dapat bekerja sendiri melainkan dikerjakan secara bersama atau berkelompok, jika dikerjakan sendiri dan tidak berkelompok maka target yang akan dicapai tidak akan terwujud. Diperlukan suatu pembagian kerja yang berguna agar tidak terjadi saling mengandalkan supaya target yang ingingin dicapai dapat terealisasikan.

2.      Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
Sebuah pabrik yang memproduksi spare part kendaraan akan mengikuti  ketentuan yang telah ditetapkan oleh badan standarisasi nasional yang dibentuk oleh pemerintah.

3.      Jika terdapat bentuk organisasi  seperti di bawah ini :


  1. Berapa  arus hubungan komunikasi ?
Ada 16 yaitu A-I, A-II, A-III, A-IV, I-II, I-III, I-IV, II-I, II-III, II-IV, III-I, III-II, III-IV, IV-I, IV-II, IV-III.

  1. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !




4.      Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
Adalah suatu proses penyampaian informasi dengan pemaparan yang lebih lengkap dan jelas.


5.      Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan – ketuntungan tersebut dan berikan contoh ?
Keuntungan finansial : bertambahnya modal seperti uang dan lain-lain.

Senin, 05 Desember 2011

C.     Pengertian Organisasi.

O
rganisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang / manusia untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang berlaku, atau suatu wadah / tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan bersama – sama.
Ciri – ciri organisasi adalah sebagai berikut:
1). Terdiri dari 2 orang atau lebih.
2). Adanya kerjasama.
3). Adanya komunikasi antara anggota yang satu dengan anggota yang lain.
4). Adanya suatu tujuan yang ingin dicapai.

- Organisasi dapat dilihat dengan 2 cara yang berbeda yaitu:
1). Organisasi sebagai suatu sistem terbuka dimana terdiri atas sub – sistem yang saling berkaitan dan memperoleh input data untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan data tersebut ke lingkungan kembali.
2). Organisasi sebagai sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan secara bersama.

- Organisasi dapat diartikan dalam 2 macam yaitu:
a). Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai suatu wadah / tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
b). Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang – orang yang bekerjasama baik bersifat formal maupun bersifat informal.